Visi, Misi, dan Tujuan


Visi

Menjadikan Fakultas Ekonomi sebagai lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan sumber daya manusia di bidang ekonomi  yang unggul, mandiri, dan berbudaya di Asia Tenggara pada tahun 2020.


Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut, selanjutnya dirumuskan misi Fakultas sebagai berikut:
(1) menyelenggarakan pendidikan yang bermutu sesuai dengan tuntutan masyarakat
(2) mengembangkan dan meningkatkan penelitian, baik secara kuantitas maupun kualitas yang disesuaikan dengan tuntutan masyarakat
(3) mengembangkan dan meningkatkan pengabdian kepada masyarakat,  baik secara kuantitas maupun kualitas yang disesuaikan dengan tuntutan masyarakat
(4) mengembangkan Tridharma Perguruan Tinggi berlandasan iptek dan kearifan lokal.


Tujuan Pendidikan Program S1

Pendidikan Program S1 di Fakultas Ekonomi Universitas Udayana bertujuan untuk menghasilkan Sarjana Ekonomi yang memiliki kualifikasi sebagai berikut:
(1) Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berwawasan Pancasila dan UUD 1945, memiliki moral dan integritas yang tinggi, serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap masa depan bangsa dan negara.
(2) Bersifat terbuka dan tanggap terhadap perubahan ilmu dan teknologi serta permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, khususnya yang menyangkut bidang ekonomi.
(3) Berkeinginan dan berkemampuan menerapkan pengetahuan ilmu ekonomi dan keterampilan dalam bidang keahliannya untuk kegiatan yang bersifat produktif dan pelayanan kepada masyarakat sebagai realisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.
(4) Menguasai dasar ilmu dan pengetahuan serta peralatan analisis ekonomi, sehingga mampu menemukan, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah ekonomi.
(5) Berkeinginan dan mampu membuat dan melaksanakan program dalam rangka mengikuti perkembangan ilmu ekonomi dan keterampilan dalam bidang keahliannya.

Secara spesifik, tujuan pendidikan pada masing-masing jurusan untuk Program S1 Reguler dan Ekstensi adalah sebagai berikut:
(1) Jurusan Ekonomi Pembangunan bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang mengkhususkan diri pada analisis ekonomi pembangunan regional, ekonomi perdagangan internasional dan ekonomi kependudukan, serta mampu menempati kedudukan yang bertanggung jawab dalam masyarakat.
(2) Jurusan Manajemen bertujuan untuk menghasilkan sarjana ekonomi yang mengkhususkan diri pada analisis pengelolaan perusahaan dan penerapan secara fungsional pada bidang manajemen pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan operasional perusahaan serta mampu menduduki jabatan yang bertanggung jawab dalam masyarakat.
(3) Jurusan Akuntansi bertujuan untuk menghasilkan sarjana ekonomi yang memiliki  keahlian di bidang akuntansi dan mampu menduduki jabatan, sebagai tenaga profesional di bidang akuntansi.


Tujuan Pendidikan Program Diploma
 III

Tujuan pendidikan Program Diploma III (DIII) Fakultas Ekonomi Universitas Udayana adalah untuk mendidik mahasiswa sebagai tenaga ahli tingkat madya yang mampu melaksanakan dan mengkoordinasikan tugas-tugas yang berkaitan dengan pelaksanaan manajemen. Secara spesifik tujuan pendidikan pada masing-masing Program Studi untuk Program Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Udayana adalah sebagai berikut:
(1) Program Studi Akuntansi bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli akuntansi tingkat madya yang mampu melaksanakan dan mengkoordinasikan tugas-tugas yang berkaitan dengan pelaksanaan manajemen dalam bidang akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen.
(2) Program Studi Keuangan dan Perbankan bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli tingkat madya yang mampu melaksanakan dan mengkoordinasikan tugas-tugas yang berkaitan dengan pelaksanaan analisis keuangan dan perbankan.
(3) Program Studi Perpajakan bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli tingkat madya yang mampu menganalisis masalah perpajakan yang dihadapi oleh perusahaan.
(4) Program Studi Pemasaran bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli tingkat madya yang mampu menganalisis masalah pemasaran yang dihadapi oleh perusahaan.


Tujuan Pendidikan Program PPAk (Pendidikan Profesi Akuntansi)

Program PPAk dirancang untuk memenuhi kebutuhan akan SDM yang profesional dalam bidang akuntansi. Secara spesifik tujuan dari Program PPAk adalah sebagai berikut:
(1) Meningkatkan kualitas keahlian peserta didik, baik teoretis konseptual maupun keterampilan praktis yang berkaitan dengan akuntansi.
(2) Meningkatkan kemampuan peserta didik, dalam hal mengenali,  menciptakan dan memanfaatkan peluang secara profesional dalam bidang akuntansi.