Telah berlangsungnya kegiatan Management National Entrepreneur Talk 2019 yang diselenggarakan di Auditorium Widya Sabha Universitas Udayana Bukit, Jimbaran, hari Minggu tanggal 27 Oktober 2019. Management National Entrepreneur Talk 2019 tahun ini mengangkat tema “Uncover The Secrets of Being a Successful Entreprenuer”. Disamping untuk penggalian dana demi menunjang program kerja yang ada di Himpunan Mahasiswa Manajemen, kegiatan ini juga berguna untuk meningkatkan solidaritas antara teman-teman di prodi Manajemen maupun jurusan lainnya yang ada dilingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Dalam kegiatan ini terdapat acara hiburan seperti games, challenge, photoboth, winner announement MJ WEEK, serta yang paling dinantikan ialah pemberian materi oleh para pembicara yang dibagi dalam tiga sesi. Sesi pertama merupakan sharing session yang disampaikan oleh I Gusti Ngurah Anom mengenai bagaimana awal mula berdirinya Krisna Oleh-oleh Bali yang bisa terkenal sampai saat ini dan jalan perjuangan beliau hingga bisa sampai dititik ini, dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu self improvement session yang disampaikan Rudy Salim mengenai bagaimana pengalaman merintis, suka duka membuka usaha serta memotivasi peserta yang ingin membuka usaha, kemudian sesi terakhir yaitu creative session yang disampaikan oleh Rio Dewanto mengenai kreatifitas ide Filosofi Kopi dari film hingga menjadi sebuah tren dan bagaimana membangun sebuah usaha hingga memiliki banyak profit serta pengaruh branding kreatif yang ada untuk era saat ini.
Terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kelancaran acara Management National Entrepreneur Talk 2019, semoga ditahun berikutnya Management National Entrepreneur Talk 2019 dapat lebih baik lagi. Sampai jumpa di Management National Entrepreneur Talk 2020!
Satu Hati Satu Cita, Hidup Manajemen!

 

Salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana adalah Management Entrepreneur Camp. Kegiatan ini adalah kegiatan perkemahan guna mempererat rasa persaudaraan antar mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unud, pada tahun ini MECAMP 2019 mengusung tema yaitu “Challenge Yourself and Be An Extraordinary Entrepreneur” yang diselenggarakan di Desa Awan, Kintamani, Bangli selama dua hari Sabtu, 5 Oktober sampai dengan Minggu, 6 Oktober 2019. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah sharing dengan alumni manajemen yang berwirausaha dan implementasi kegiatan dengan entrepreneur challenge.
Hari pertama (Sabtu, 5 Oktober 2019) berlangsung pembukaan Management Entrepreneur Camp 2019 yang bertempat di Aula Gedung Doktor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Jumlah peserta yang hadir adalah 178 dari 220 total peserta. Acara diawali dengan sambutan dari Ketua Panitia MECAMP 2019, Ketua Himpunan Mahasiswa Manajemen 2019, Ibu Koordinator Program Studi Manajemen. Acara dibuka ditandai dengan pengalungan nametag peserta oleh Ibu Koprodi didampingi Ketua Panitia dan Ketua Himpunan Mahasiswa Manajemen. Rangkaian acara selanjutnya adalah pemberian materi dari Ibu Sayu Ketut Sutrisna Dewi, S.E., MM., Ak. , I Gede Sueca Arimbawa, S.E , Made Hadi Nugraha dan Diva Ditya Mersita Wardana. Berlanjut ke puncak acara yaitu MECAMP Night, dimana di Mecamp night ini adalah malam api unggun dan pentas kreatif dari masing – masing kelompok peserta Mecamp 2019.
Hari Kedua (Minggu, 6 Oktober 2019), pada hari kedua ini peserta dengan kelompoknya masing – masing akan melaksanakan entrepreneur challenge. Di entrepreneur challenge ini peserta mendapatkan modal sebesar Rp 25.000 dari panitia, kemudian mereka harus berbelanja bahan mentah seharga modal dan membuat produk untuk dijual ke warga sekitar. Dengan adanya entrepreneur challenge ini diharapkan peserta mendapatkan bayangan tentang bagaimana rasanya menjadi seorang wirausaha. Setelah melakukan pembersihan area dan foto bersama, maka acara dilanjutkan dengan penutupan mecamp 2019. Acara penutupan berlangsung di Aula Gedung Doktor FEB Unud yang diawali dengan pengumuman tiga kelompok pemenang entrepreneur challenge kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua Panitia, Ketua Himpunan Mahasiswa Manajemen, dan Ibu Koordinator Program Studi Manajemen yang sekaligus menutup acara mecamp 2019 dengan pelepasan nametag peserta.

Management Week 2019 merupakan salah satu program kerja nasional dalam bidang akademik yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Management Week pada tahun ini mengambil tema “Advancing the Nation’s Economy for Better Indonesia”. Terdapat beberapa rangkaian Management Week dimana diantaranya terdapat lomba Management Marketing Plan Competition (MJ-MPC) dan Management Stock Analysis Competition (MJ-SAC). Serta terdapat pula rangkaian kegiatan seminar investasi yaitu Management Investment Talkshow yang diadakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Adapun rangkaian kegiatan dari Management Week 2019, yaitu: Management Investment Talkshow pada tanggal 8 September 2019, Technical Meeting Finalis MJ-SAC dan MJ-MPC pada tanggal 24 Oktober 2019, Company Visiting dan Presentasi Final MJ-SAC pada tanggal 25 Oktober 2019, Presentasi Final MJ-MPC dan Field Trip pada tanggal 26 Oktober 2019
Rangkaian kegiatan pertama dari Management Week adalah Management Investment Talkshow, yang terdiri dari 184 peserta yang merupakan mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Management Investment Talkshow mengundang 2 pembicara, diantaranya adalah Ida Bagus Adi Widyatmika, S.E., WMI selaku Co-Founder & COO Mandaka Group dan Anak Agung Ngurah Cahaya Paramananda, S.St.Ak, CFP selaku Branch Manager Representative PT. Phillip Securitas Indonesia. Melalui kegiatan ini, diharapkan generasi muda khususnya mahasiswa/i dapat aktif dalam memajukan perekonomian Indonesia melalui kegiatan di dalam pasar modal. Adapun Management Stock Analysis Competition memperoleh 20 tim yang terdiri dari 2 tim dari Bali dan 18 dari luar Bali. Sedangkan, Management Marketing Plan Competition merupakan kegiatan yang bekerja sama dengan Domba Coffee Factory sebagai perusahaan mitra, dengan jumlah tim yang mendaftar sebanyak 13, dimana 7 tim dari Bali dan 6 tim dari luar Bali.
Pada tanggal 23 September 2019 telah dilaksanakan pengumpulan proposal yang setelah ini dilanjutkan dengan Company Visiting ke Domba Coffee Factory dan Field Trip ke Bali Zoo. Pada tahun ini, lomba MJ-MPC dan MJ-SAC pada Management Week 2019 dimenangkan oleh beberapa tim dari berbagai Universitas di Indonesia. Winner Announcement Management Week 2019 dilaksanakan pada acara Management National Entrepreneur Talk (MJ NET) di Auditorium Widya Sabha Universitas Udayana pada tanggal 27 Oktober 2019. Kegiatan berlangsung dengan sukses dan memberikan kesan yang baik kepada para finalis Management Week 2019. Diharapkan kegiatan ini dapat berjalan lebih baik lagi untuk tahun-tahun selanjutnya.

Telah berlangsung Rapat Pembentukan Struktur Kepengurusan Ikatan Alumni Sarjana Manajemen Universitas Udayana (IKAMAYANA) pada hari Jumat, 13 September 2019, bertempat di ruang MM 2.2 kampus FEB Sudirman. Rapat kali ini dipimpin langsung oleh Koordinator Program Studi Manajemen FEB UNUD, Ibu Dr. I Gusti Ayu Ketut Giantari, SE., M.Si. Turut hadir beberapa dosen dan alumni Manajemen FEB UNUD. Adapun topik yang dibahas pada rapat kali ini adalah :
1. Pembentukan Struktur Kepengurusan Ikatan Alumni Sarjana Manajemen Universitas Udayana (IKAMAYANA).
2. Penyusunan visi dan misi Ikatan Alumni Sarjana Manajemen Universitas Udayana (IKAMAYANA).
3. Penyusunan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD dan ART) Ikatan Alumni Sarjana Manajemen Universitas Udayana (IKAMAYANA).
Rapat diisi dengan penyampaian pandangan dari peserta rapat dan diskusi terkait topik bahasan tersebut. Akhirnya ditetapkan kepengurusan IKAMAYANA periode 2019-2024 dengan ketua Bapak Drs. I Nyoman Suadra. Pada kesempatan yang sama juga telah disusun draft visi misi dan AD/ART IKAMAYANA. Semoga ke depannya ikatan alumni Manajemen FEB UNUD semakin solid dan mampu bersinergi dalam membangun program studi Manajemen yang unggul, mandiri, dan berbudaya.

 

Inisiasi Manajemen 2019 merupakan kegiatan sosialisasi almamater di tingkat program studi. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengenalkan kehidupan kampus di Program Studi Manajemen pada khususnya. Adapun tema dari Inisiasi Manajemen 2019 adalah “Menciptakan Insan-Insan Muda Pelurus Bangsa yang TERDEPAN (TERampil, Disiplin, Empati, Progresif, ANdal) dan KUAT (Kreatif, Unggul, Aktif, Teladan)”.
Kegiatan ini diawali dengan pengumpulan peserta yang dilanjutkan dengan pemeriksaan atribut, lalu dilanjutkan dengan acara pembukaan yang dilangsungkan di dalam ballroom Udayana International Convention Center dibuka secara resmi oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana dengan simbolis pengalungan nametag. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Pembimbing Himpunan Mahasiswa Manajemen, testimonial Mahasiswa Berprestasi, Sosialisasi LKMM, Inagurasi, games, dan acara penutupan dimana acara ditutup secara resmi oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana dengan simbolis pelepasan nametag.